TOP

15/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Menurut Protestan, Berapa Persenkah Populasi Kristen Dunia Hari Ini?



MENURUT KAUM PROTESTAN, 
BERAPA PERSENKAH POPULASI KRISTEN DUNIA HARI INI? 


Pertanyaan gampang-gampang susah!

Kenapa?
Karena faktanya banyak perbedaan pendapat tentang siapa sebenarnya yang disebut sebagai "Kristen" dalam konteks ini. Tapi mari kita sederhanakan, kemudian kita coba pula rinci seperlunya saja. 

Populasi dunia dewasa ini diperkirakan sekitar 7,6 miliar. Sedangkan menurut statistik -- merujuk sumber kredibel, PEW -- prakiraan jumlah "Kristen" adalah sekitar 2,3 miliar. 

Dengan demikian, persentase populasi Kristen dunia adalah (7,6 miliar minus 2,3 miliar dibagi 7,6 miliar dikali minus 100) = 30.26%.

Tapi, angka ini sebenarnya memiliki varian luas, karena perlu dipertegas lagi, apakah umat Katolik beragama Kristen? Sebagian besar dunia akan mengatakan "Ya!" Tetapi, tidak sedikit pula kalangan reformis (yang juga mengaku sebagai Kristen) mengatakan "Tidak", karena menurut mereka, umat Katolik tidak menuhankan Yesus Kristus dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan.

Inilah alasan kenapa umat ini disebut “Protestan.” Mereka memprotes Gereja Katolik telah berhenti menjadi Kristen. Dan dalam konteks pertanyaan di atas, protes mereka praktis menganulir jumlah sangat besar dari 2.3 miliar Krisen dunia tsb — karena sejauh ini Katolik merupakan agama “Kristen” terbesar, yakni sekitar 16,99% dari total 30,26% atau setara dengan 1.54 miliar! 

Jadi, ketika "Protestan" ingin menunjukkan jumlah populasi kristen yang besar, mau tidak mau mereka harus mengikutkan umat Katolik dalam kelompoknya. Tapi ketika mereka ingin menunjukkan betapa istimewanya "kristen yang satu ini", maka mereka tidak akan ragu mengecualikan umat Katolik sebagai kaum pagan “non-Kristen”.

Sampai hari ini, masalah yang sama juga menimpa kelompok-kelompok atau denominasi "Kristen" lainnya. Padahal menurut statistik age of the sage 2007, komposisi kristen dunia berbanding total populasi kristen berdasarkan statisik PEW 2015 adalah sbb: 
  • Katolik = 66,99% = 1.54 miliar 
  • Protestan = 5,78% = 132.940 juta 
  • Ortodoks = 3,53% = 81.190 juta 
  • Anglikan = 1,25% = 28.750 juta 
  • Denominasi lainnya = 5,77% = 132.710 juta 

Jadi, ketika anda bertanya berapa banyakkah jumlah umat Kristen dunia saat ini, maka perlu diperjelas dulu, umat kristen mana yang anda maksud? 

Sebab kendati sama-sama mengaku Kristen, faktanya masing-masing denominasi Kristen ini saling mengklaim kelompok merekalah yang paling kristen, sementara denominasi lainnya dianggap sebagai "bidat", alias bukan Kristen!

Boleh jadi ada Kristen yang tidak setuju pada pernyataan ini lalu "protes" dan siap bertegar tengkuk mempertahankan argumennya bahwa di dunia ini hanya ada satu kristen, terlepas apapun nama atau denominasinya. 

Sayangnya, tegar tengkuknya ini tetap tertolak, sebab dari contoh yang paling mudah saja; kita tidak pernah melihat ada umat Katolik yang beribadat di gereja Protestan, atau sebaliknya, bukan?

Kenapa?
Karena keduanya saling membidatkan, sehingga mustahil masing-masing akan menerima dengan tangan terbuka jemaat bidat lain melaksanakan ibadat di rumah ibadat mereka. 

Lagipula, jika benar hanya ada satu Kristen, mengapa hingga dewasa ini terdapat lebih dari 34.000 denominasi kristen di dunia yang dalam prakteknya saling membidatkan antara satu sama lain?

Isu ini memang jarang dipersoalkan di ranah publik semisal di grup-grup debat lintas iman yang berserakan di fesbuk seperti contohnya di sini. Alasannya tentu mudah dimengerti. Terlepas seberapa tajampun perbedaan di antara mereka, namun ada yang perlu sama-sama mereka pertimbangkan, yaitu jaga nama korps!

🔴 LALU, BAGAIMANA DENGAN POPULASI ISLAM DUNIA?

Berdasarkan statisik PEW 2015, jumlah penduduk Islam dunia adalah 1.8 miliar, atau setara dengan 23.68% dari 7.6 miliar. Jumlah ini tebagi dalam dua kelompok besar yaitu Sunni -- antara 87% s.d 90% atau setara dengan 1.62 miliar, dan Syiah -- antara 10% s.d 13% atau setara dengan 180 juta jiwa.

🔴 PERBANDINGAN JUMLAH PENDUDUK KRISTEN DAN ISLAM?

Silahkan bandingkan saja sendiri!
Baru dengan jumlah Sunni yang 1.62 miliar saja, jumlah umat Katolik yang 1.54 miliar sudah KO!

Bagaimana pula ceritanya jumlah seluruh Islam yang 1.8 miliar mau dibandingkan dengan jumlah seluruh umat protestan yang cuma 132.940 juta saja?

Makanya kita patut merasa iba seiba-ibanya, kasihan sekasihan-kasihannya, ketika adik kita, Vincent R. Sibri yang bernaung dalam denom reformis sekenanya saja Waton Jeplak mengatakan jumlah kristen dunia dewasa ini ada 3 miliar!

GM tidak mengartikan pernyataannya itu sebagai sebuah dusta, tapi lebih banyak sebagai ketololan absolut dari doktrin kristen yang tiada hari tanpa membodohi jemaat!

Bayangkanlah, selisih angka antara klaim waton jeplaknya dengan fakta yang ada mencapai 700 juta jiwa, atau lebih dari 2 kali lipat jumlah penduduk Republik Indonesia hari ini!

📌 Padahal, jumlah seluruh umat Protestan dunia sekalipun, sejatinya tidak lebih besar dari setengah jumlah seluruh penduduk negeri tercinta kita ini!

Teralu sedikit untuk gede kepala, apalagi untuk omong besar di forum agama mana saja!
Ya! Begitu!

Salam bagi umat yang mengikuti petunjuk!


[GM Menjawab Mimpi Kristen]






Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar